Selasa, 09 November 2010

A historical history

Hampir gak pernah terpikirkan waktu itu gue bisa terpilih jadi Ketua OSIS. Sebenernya sedikit ragu di awal, tapi atas dorongan orang-orang di sekitar gue akhirnya gue membulatkan tekad untuk terus maju. Perjalanan yang gue alami ternyata ga semudah yang gue pikirkan. Mulai dari ditinggal Ayah Bunda pergi Haji sampai penyakit cacar yang gue derita. Miris. Tetapi hasilnya ga sia-sia.

Waktu pas minta tanda tangan formulir LDK orang tua gue lagi pada sibuk packing. Pas banget waktu LDK itu Ayah Bunda udah ga di Indonesia. Untung ga terlalu ribet dapet izinnya. O iya, LDK itu Latihan Dasar Kepemimpinan, sejenis pembekalan dan seleksi gitu deh. Selama ortu pergi, gue di urus sama Nenek dan Wa gue. Cari barang LDK sendiri, cari arti kata-kata kontingen sendiri. Semua sendiri. Emang keren hidup gue. Pernah waktu itu orang tua gue telepon dari Makkah. Biasa, ngasih kabar kalo mereka udah sampai. Sempet terceletuk dari mulut gue buat minta doa mereka di depan Ka'bah agar nanti gue bisa terpilih. Padahal sebenarnya niat gue cuma minta doa yang biasa aja (emang manjur doa dari Ka'bah).

Kondisi keuangan gue selama ditinggal ortu agak sedikit cekak, untung Bunda pengertian. Sebelum berangkat  ternyata Bunda ninggalin beberapa rupiah di tabungan gue. Tapi langsung berkurang drastis buat beli barang-barang LDK. Alhamdulillah, untungnya saudara- saudara gue yang dateng suka berbagi rupiah. Hehe.
 
Cobaan yang gua alami gak cuma berhenti di situ. Awalnya dari satu orang temen kelas gue, Gerral, dia kena cacar ternyata. Padahal masih dalam masa pennyembuhan tapi maksain buat masuk sekolah. Justru kan pas masa pengeringan itu cacar menular. Pertamanaya sih cuma satu temen gue yang ketularan. Karena belum pernah kena cacar sama sekali, gue ngerasa agak sedikit khawatir. Tapi gue tetap mencoba untuk berfikir positif bahwa gue ga akan ketularan. Namun apa boleh buat, alam berkata lain. Bermula dari pusing dan satu bisul aneh, besoknya gue dinyatakan positif cacar.

Sebenernya hal yang paling gue takutin dari penyakit ini adalah penye-barannya yang cepat. Gue khawatir penyakit ini bisa jadi endemik di sekolah. Apalagi gue hobi keliling-keliling kelas. Bisa bisa karena cacar gue satu sekolah bisa ketularan. 

Selama cacar gue tidur di kamar baju. Beralaskan karpet biasa. Berasa kaya anak terlantar yang ga dipelihara. Tidur cuma bisa terlentang. Rasanya penderitaan gue udah cukup untuk membuat para TKI di Arab dibilang lebih beruntung. Geser kanan gesek cacar yang di paha kanan begitu seterusnya. Sempet sehari bed rest. Makasih buat Tante gue yang baik, udah nganterin ke dokter. Tapi karena ada banyak hal yang harus gue persiapkan, besoknya gue langsung maksain masuk. Sempet ada debat kecil sama Nenek gue. Untung beliau pengertian. Tapi ternyata kedatangan gue di sekolah justru membawa malapetaka.

Apa yang gue takutin jadi kenyataan. Awalnya temen gue yang takut banget, Nia Yusmaydiyanti yang ketularan. Berlanjut seterusnya sampe ke anak kelas 10. Korban yang berjatuhan mencapai  hampir 15 orang. Akhirnya gue mutusin untuk stay di ruang PMR selama di sekolah. Bener-bener berasa seperti dikerangkeng. Tapi gue dapet inspirasi buat orasi gue nanti di sana. Proker yang tercetus waktu itu kalo ga salah pengadaan sabun cuci tangan sama penghijauan.

Tiba waktu orasi. Badan masih lemes dan berlumur bisul isi air.Yang paling gue khawatirin saat itu bukan visi misi nanti. Tapi orang-orang yang ada di depan gue. Mereka gak tahu kalo sebenernya gue adalah manusia sakit. Bukannya menebar visi misi tapi malah menyebar virus-virus berbahaya. Untung mereka gak tahu.

Sedikit bingung. Waktu orasi itu, temen-temen gue banyak yang bikin poster "vote 2 R". O iya, wakil gue Randy Aditya Rachman. 2 R itu Rillo Randy. Karena ngeliat temen-temen gue, entah kenapa jadi tambah semangat dan percaya diri. Thanks. Semangat mereka membuat gue makin yakin untuk terus maju. Sampai akhirnya gue terpilih (kalo ga salah) dengan 576 suara. Feel amused. Gak nyangka gue bisa berada sejauh ini. Padahal tadinya gue cuma orang biasa dan warga sipil yang baik. Sejak saat itu kehidupan gue bener-bener berubah.

Dan mulai dari itu gue yakin. Seberat apapun cobaan yang lu hadapi jangan pernah menyerah. Sesungguhnya benar, sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Semua tergantung bagaimana usaha dan sikap lu sendiri terhadap cobaan yang lu hadapi. Sekarang gue tinggal menghitung jam hingga turun jabatan. Gak kerasa emang. Padahal semua terasa seperti baru kemarin. Semoga apa yang gue telah lakukan buat temen-temen dan sekolah bermanfaat. Sebenernya agak canggung buat ngelepas semua. Mungkin udah terlalu banyak yang gue alami di sini. But anyway everything takes life! Try to make it flow as it used to be, and so on. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar